1 Mar 2011

Tugas

Nama : Egi Purwana
Npm : 140203090023

TUGAS PENDAHULUAN I
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan grafika komputer ?
2. Sebutkan method-method yang ada pada java yang digunakan untuk
menggambar serta fungsi-fungsinya ?
3. Sebutkan perbedaan antara Algoritma Dasar, Algoritma Bresenham, dan
Algoritma DDA pada garis lurus !
4. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang translasi, scalling, shearing,
rotasi dan refleksi pada transformasi objek !
5. Jelaskan tentang windowing dan clipping !
6. Apa yang kamu ketahui tentang viewport ?
7. Sebutkan perbedaan grafik vektor dan grafik bitmap !
8. Sebutkan perbedaan photo dan gambar !
9. Sebutkan elemen-elemen dasar grafika komputer !
10. Sebutkan device/peralatan selain komputer dalam grafkom !

Jawaban
1. Grafika komputer adalah suatu cara tentang bagaimana menghasilkan sebuah gambar menggunakan komputer.

2. -Drawstring(string, int x, int y)
Untuk menulis string yang kita inginkan pada koordinat (x,y)

-Drawline(int x1, int y1, int x2, int y2)
Untuk membuat garis dari titik (x1, y1) hingga (x2, y2)

-Draw rect(int x, int y, int width, int height)
Untuk membuat kotak pada koordinat awal (x,y) sebagai titik pojok kiri atas

-Draw oval(int x, int y, int width, int height)
Untuk membuat oval pada koordinat awal (x,y) sebagai titik pojok kiri atas

3. -algortima dasar menggambarkan piksel-piksel dalam garis lurus , parameter yang digunakan tergantung gradien.

-algoritma bresenham merupakan perbaikan dari algoritma perhitungan
koordinat piksel mengantikannya dengan cara perkalian dan perjumlahan.

-algoritma DDA pembentukan garis berdasarkan perhitungan dx maupun dy

4. -Translasi (pergeseran)
Transformasi yang memindahkan objek dengan bentuk yang sama (tidak mengalami
perubahan). Dengan demikian, setiap titik dari objek yang akan ditraslasi
dengan besaran yang sama dimana (x, y) adalah koordinat baru hasil perpindahan.
-Scaling (penskalaan)
Perubahan ukuran suatu objek dengan mengalihkan objek tersebut dengan matriks
scaling.

-Shearing
Bentuk transformasi yang membuat distorsi bentuk dari objek tersebut, seperti
menarik sisi tertentu.

-Rotasi (perputaran)
terdapat 2 macam ada rotasi searah jarum jam (CW),biasannya dinyatakan dengan
sudut negatif dan rotasi berlawanan arah jarum jam (CCW),biasanya dinyatakan
dengan sudut positif

-Refleksi (pencerminan)
terdapat 4 macam refleksi terhadap sumbu X,refleksi terhadap sumbu Y,refleksi
terhadap sumbu X=Y,refleksi terhadap sumbu X=-Y.

5. windowing adalah suatu koordinat yang membatasi daerah yang akan ditampilkan .window sendiri adalah sebuah area pada koordinat dunia yang dipilih untuk ditampilkan pada alat display.

clipping adalah mengacu pada pengoptimalan komputer saja dimana hal-hal
menarik yang mungkin terlihan oleh pengunjung

6. viewport adalah daerah yang dipilih untuk ditampilkan setelah dicetak
.jadi, viewport adalah sebuah area pada alat display yang merupakan hasil
pemetaan dari window

7. -grafik vektor : gambar digital yang berbasis persamaan matematis -grafik
bitmap : representasi dari citra grafik yang terdiri dari susunan titik yang
tersimpan di memori
Komputer

8. -photo adalah gambar diam yang dihasilkan oleh kamera yang merekam suatu
obyek atau kejadian atau keadaan pada suatu waktu tertentu, serta mempunyai
detail objek yang lengkap.

-gambar adalah benda buatan manusia, yang mempunyai kemiripan dengan suatu
obyek. Gambar dapat berupa dua dimensi, seperti foto atau tampilan di layar,
dan dapat pula tiga dimensi, seperti patung

9.
-polylines
-text
-region
-raster image

10. perangkat seperti mouse ,table dan stylus , peralatan force , scanner
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger templates